Loading...

Senin, 04 April 2011

TUGAS MANDIRI PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK

TUGAS MANDIRI
PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK


Tugas ini disusun untuk memenuhi salah satu tugas
mata kuliah Perkembangan Peserta Didik







oleh :
NAMA : Herry Romianto
NPM : 09321116
KELAS : B
PRODI : Pendidikan Biologi



FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MUHAMADIYAH METRO
TAHUN 2010



Faktor – faktor yang Mempengaruhi Perkembangan Peserta Didik

1. Faktor Internal
Yaitu faktor yang ada dalam diri siswa itu sendiri yang meliputi pembawaan dan potensi psikologis tertentu yang turut mengembangkan dirinya sendiri. Dengan demikian faktor internal bisa dibagi menjadi 2 macam, yaitu faktor pisik dan faktor psikis.
A. Faktor Pisik
Di dunia ini orang mempunyai bentuk tubuh yang bermacam-macam. Ada yang tinggi ceking, ada yang pendek gemuk, dan ada yang sedang antara tinggi dan besar badanya. Sudah jelas, masing-masing mmpunyai pengaruh tersendiri bagi perkembangan seorang anak.
B. Faktor Psikis
Dalam hal kejiwaan, ada anak periang, sehingga banyak pergaulan. Akan tetapi ada pula yang selalu tampak murung, pendiam, mudah tersinggung karenanya suka menyendiri.

2. Faktor Eksternal
Yaitu hal-hal yang datang atau ada diluar diri siswa yang meliputi lingkungan (khususnya pendidikan) dan pengalaman berinteraksi siswa tersebut dengan lingkungan. Faktor eksternal dibagi menjadi 6 macam, yaitu : faktor biologis, physis, ekonomis, kultural, edukatif, dan religius.



A. Faktor Biologis
Bisa diartikan, biologis dalam konteks ini adalah faktor yang berkaitan dengan keperluan primer seorang anak pada awal kehidupanya. Faktor ini wujudnya berupa pengaruh yang datang pertama kali dari pihak ibu dan ayah.
B. Faktor Phyis
Maksudnya adalah pengaruh yang datang dari lingkungan geografis, seperti iklim keadaan alam, tingkat kesuburan tanah, jalur komunikasi dengan daerah lain, dsb. Semua ini jelas membawa dampak masing-masing terhadap perkembangan anak-anak yang lahir dan dibesarkan disana.
C. Faktor Ekonomis
Dalam proses perkembanganya. Betapapun ukuranya bervariasi, seorang anak pasti memerlukan biaya. Biaya untuk makan dan minum dirumah, tetapi juga untuk mebeli alat-alat sekolah.
D. Faktor Kultural
Di Indonesia ini saja dari aceh sampai Irian jaya, jika dihitung ada berpuluh bahkan beratus kelompok masyarakat yang masing-masing mempunyai kultur, budaya, adat istiadat, dan tradisi tersendiri, dan hal ini jelas berpengaruh terhadap perkemangan anak-anak.
E. Faktor Edukatif
Pendidikan tak dapat disangkal mempunyai pengaruh terhadap perkembangan anak manusia. Malah karena sifatnya berencana dan sering kali diusahakan secara teratur, faktor pendidikan ini relatif paling besar pengaruhnya disbanding faktor yang lain manapun juga.


F. Faktor Religius
Sebagai contoh seorang anak kyai, sudah pasti ia akan berebeda dengan anak lain yang tidak menjadi kyai, yang sekedar terhitung orang beragama, lebih-lebih yang memang tidak beragama sama sekali, ini adalah soal perkembangan pula, menyangkut proses terbentuknya prilaku seorang anak dengan agama sebagai faktor penting yang mempengaruhinya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar